Guru Ngaji



Guru merupakan sosok yang mendermakan hidupnya untuk melakukan teransfer ilmu kepad orang lain. Dalam literature online tag blogspot ; pengertian-pengertian-info sub pengertian-guru-menurut-ahli. Guru adalah orang yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru harus betul-betul membawa siswanya kepada tujuan yang ingin dicapai. Guru harus mampu mempengaruhi siswanya. Guru harus berpandangan luas dan kriteria bagi seorang guru ialah harus memiliki kewibawaan. Guru yang memiliki kewibawaan berarti memiliki kesungguhan, suatu kekuatan, sesuatu yang dapat memberikan kesan dan pengaruh.

Jadi secara factual guru harus menjamin dirinya secara pribadi menjadi teladan yang baik bagi orang yang didik dan kebanyakan. Sehingga celaan atau coretan hitam tentang arti guru yang diemban benar-benar menjadi guru yang diharapkan semua orang atau seperti ungkapan diatas. Mengingat penting dan strategisnya peran guru bagi perubahan dan perkembangan zaman. Dan banyak literature yang mengungkapkan tentang guru dan syarat serta tugasnya sebagai guru, entah dia guru di lembaga formal, maupun informal.

Namun, pada kesempatan ini rekam jejak coba merekam makna guru dari sisi ketokohan melalui teropong ke kampungan yakni pemaknaan guru ngaji yang ada di Lombok. Mengingat penting dan strategis peran guru ngaji ditengah-tengah masyarakat menandakan kebutuhan akan guru ngaji adalah keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri. Masyarakat dalam hal ini umat islam percaya bahwa dengan memasrahkan pendidikan keagamaan untuk anak-anak mereka sekaligus pendidikan moral/ahlaq islami kepada guru ngaji, orang tua sedikit banyak terbantu dalam mendidik dan mengawasi perilaku anak sehari-sehari.
Dan tugas guru ngaji turut membantu peran guru formal yang ada disekolah-kolah, lagi pula lembaga formal menyediakan porsi pendidikan budi pekerti dan agama sangat terbatas. Maka wajar jika masih ada orang tua yang merasa khawatir akan nasib ‘pola prilaku’ si anak di kemudian hari. Artinya disadari atau tidak, terbukti bahwa guru ngaji hingga saat ini merupakan variable penting dalam meminimalisir dampak-dampak negatif dari arus informasi dan globalisasi. Minimal sebagai penjaga ‘system nilai’ dilingkungan masing-masing. Disinilah sebenarnya letak strategis peran guru ngaji dan lembaga pendidikan keagamaan pada umumnya.

Perkembangan saat ini, peran guru ngaji tantangannya semakin komplek karena tawaran era globalisasi menjadi pemanis perkembangan generasi. Keberadaan intenet, TV dan fasilitas hiburan lainnya cukup mengalihkan perkembangan anak-anak dan mengedorkan dahi para orang tua untuk lebih keras mendidik dan mengarahkan anak menjadi lebih baik. Maka wajar kebanyakan orang tua berharap penuh dengan keberadaan dan eksistensi guru ngaji tersebut.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Rekam Jejak | | Julaedi Akbar
Copyright © 2011. Rekam Jejak - All Rights Reserved
Kontak Published by 081936754808
Proudly powered by Blogger