Kata Teman di Film: Kiri Hijau Kanan Merah

Munir, pahlawan HAM yang terbunuh dengan gaya misterius. Di saat kebagian dia terima untuk melanjutkan setudi ke belanda, lalu dihantam dengan duka, cucuran air mata medalam meratapi kepergiannya untuk selama-lamanya. Tapi itulah negeri ini medramatisir anak-anaknya yang berani, tegas dan pantang menyerah membenah jantung negerinya dari kengerian permainan para elit-elit yang tak mengerti hati nurani rakyatnya.

Dikisah filem kiri hijau kanan merah itu terekam jejak kegigihannya mempertahankan dan memperjaungkan kebenaran.

Lalu diskusi terekam ramah, malam minggu di suasanya remang lapangan hijau IAIN Mataram itu saksi bisu akan pemutaran filem kiri hijau kanan merah meski terlambat. Namaun, modal pernah nonton sebelumnya dirumah salah seorang senior tidak mengaburkan ingatan. Dan malam itu pun diskusi terpecah, garang suara para para peserta dan pembanding atau pengkaji. Saya hanya diam dalam tapakur mendengarkan.

Saya ambil aja dua kata teman yang amat menyentak sekaligus menggelitik. Sebut saja samarannya C dan T….

Si C semangat pingin medermakan hidupnya seperti munir tidak gentar dengan resiko yang mungkin lebih dari kasus teragis kematian munir…teman itu tubuhnya ramping, semangatnya menggelora, ambisinya semakin kentara lalu pertanyaannya…akan kah dia siap dengan omongannya malam itu? Jangan ASBUN alias Asal Bunyi…kayak beo..

Lalu si T, bicaranya landai. Namun menohok menafikan bahwa rekam jejak atas filem munir tersebut jangan-jangan hanya kebohongan belaka untuk menyembunyikan wajah asli para akedemisi, politisi, praktisi dan teknokrasi jaman sekarang yang hanya berkoar-koar dan garang saat mereka lapar, lalu diam disaat dibungkam dengan uang…..

Teman-teman…itu lah dinamika negeri yang buka-bukan seperti dalam buku ontologi opini Lembaga Pers Mahasiswa Rok’yuna tempo lalu…hee...


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Rekam Jejak | | Julaedi Akbar
Copyright © 2011. Rekam Jejak - All Rights Reserved
Kontak Published by 081936754808
Proudly powered by Blogger