Ahmad Dahlan ; “Lukiskan” Pencerahan dan Perubahan



Sipa yang tidak tahu kiyai Ahmad Dahlan ?. pahlawan nasional yang turut membidani Indonesia merdeka. Rentetan kisahnya dalam menggiring cita-cita kemerdekaan tidak pantas dilupakan bahkan terlupakan. Dia tokoh yang mengambil peran membuka cakrawala berpikir anak bangsa dari kekolotan menjadi penuh kehormatan. Kenapa tidak ?. jalur pendidikan menjadi kunci utamanya merevolusi pola pikir kita.

Coba bayangkan,,,dalam striping filem sang pencerah pun sosok Ahmad Dahlan begitu piawai memainkan peran membenahi irama kehidupan masyarakat semasanya. anak-anak kecil dikumpulkan, dimandikan dan diajarkan bagaimana bekehidupan yang layak, pantas serta terhormat setara dengan mereka yang mengaku kalangan priyai atau anak keturunan. Pola pendidikan agama mulai diterapkan dengan pendekatan modren yang penuh santun tanpa mengurangi makna hakikat beragama.

Belum lagi, semangat perubahan yang coba diutarakan lewat sikap mau mengajar di sekolah orang belanda yang notabene ditentang oleh kalangan keluarga dan lingkungannya. Sebuah kata kunci yang coba saya rekam dari sekenario filem tersebut yang diutarakan oleh sang tokoh ketika menanggapi muridnya yang mencerca dengan pernyataan kenapa ‘kiyai mau mengajar di sekolah orang belanda (kafir) persi filem’. Lalu sang Ahmad Dahlan menjawab santun “jika mau berhasil kita jangan pernah berburuk sangka” ilmu itu kita bisa dapatkan dari mana saja dan oleh siapa saja selama itu baik. Kurang lebih begitu lah gambaran perem filem tersebut.

Wajar jika filem tersebut disematkan dengan judul sang pencerah oleh sutradara. Gambaran sosok Ahmad Dahlan mencerminkan visi kebangsaan yang membanggakan mampu menciptakan jembatan perubahan untuk anak negeri ini dari generasi ke generasi. Torerah langkah kaki, pikiran dan aksi menciptakan lukisan sosial masyarakat modern yang mampu menyeimbangi kemajuan zaman tanpa melupakan atau mengaburkan makna ber-islam yang hakiki.

Muhammadiyah merupakan hasil ihtiar panjangnya dalam mengawal bangsa ini bersama murid-muridnya. Tidak terbantahkan dan tak terelakkan muhammadiyah hasil besukannya menyumbangkan banyak pemimpin-pemimpin nasional yang komitmen, ihlas dan jujur membangun bangsa Indonesia tercinta ini. Deretan aksi sosial mewarnai jerih payahnya mempertahankan serta membina bangsa indonesia ini.

Ahmad Dahlan salah satu tokoh yang mewariskan kekayaan yang tidak ternilai harganya untuk anak negeri ini yakni kemerdekaan, keberanian serta kejujuran dan keihlasan. Pencerahan yang dibawakan terasa menyemangati hingga akhir hayat, inilah lukisan luarbiasa kiyai Ahmad Dahlan mewarnai, melukis dan menorehkan perubahan diseketa atau kampas kehidupan negeri ini dengan gaya modren tanpa melupakan nilai ibadah atau agama.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Rekam Jejak | | Julaedi Akbar
Copyright © 2011. Rekam Jejak - All Rights Reserved
Kontak Published by 081936754808
Proudly powered by Blogger